Keladi Tikus Obat Herbal Melawan Kanker

Keladi Tikus Obat Herbal Melawan Kanker

Setiap orang yang terkena penyakit kanker pasti akan berusaha keras dengan berbagai cara untuk mencari obat yang dapat melawan penyakit kanker yang dideritanya baik cara medis ataupun alami. Tidak sedikit para penderita penyakit kanker memilih pengobatan alami salah satunya dengan memanfaatkan tanaman keladi tikus sebagai obat herbal alami melawan kanker.

Sekilas Tentang Keladi Tikus

Keladi tikus (Typhonium flagelliforme) merupakan salah satu jenis tanaman semak dari kelompok Araceae. Di dunia pengobatan nama keladi tikus sudah tidak asing lagi karena tumbuhan ini mempunyai banyak unsur dan komponen aktif yang berkhasiat mengobati beberapa penyakit termasuk juga dalam hal pengobatan kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus, kanker paru, kanker tulang, kanker otak, kanker rahim, leukimia dan penyakit kanker lainnya.

Mengapa tananam ini dinamai dengan nama keladi tikus ? karena pada saat tanaman ini berbunga maka akan memunculkan bunga yang menjulur ke luar yang sangat mirip sekali dengan ekor tikus, itu sebabnya tanaman ini disebut dengan nama keladi tikus . Untuk bisa mengenali tanaman keladi tikus perlu kiranya kita mengetahui ciri-ciri dari tumbuhan tersebut.

Adapun ciri-ciri tanaman ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tumbuh di daerah lembab yang tidak terpapar sinar matahari langsung
  • Mempunyai ketinggian sekitar 25 cm sampai 30 cm
  • Daun berwarna hijau terang
  • Daun bulat berbentuk seperti jantung, ujung daun runcing hampir mirip daun sirih
  • Tumbuh dari umbi
  • Tergolong tanaman semak jenis talas

Selain disebut dengan nama keladi tikus, tanaman ini juga mempunyai nama lain seperti bira kecil, talas kunting, trenggiling mentik, ileus gofu sepa. Adapun dalam bahasa inggris disebut dengan nama Rodent Tuber. Tanaman ini banyak tumbuh di sekitar kawasan Asia Tenggara termasuk juga negara Indonesia. Tumbuhan keladi tikus ini jarang ditemui di daerah yang bertanah kering dan tidak akan tumbuh subur kecuali hanya pada kawasan yang berlembab, gelap atau teduh.

Tumbuhan keladi tikus ini sebenarnya sudah lama di pakai dan dimanfaatkan oleh para ahli pengobatan sejak dahulu kala untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti dipakai oleh Ibnu Sina, dan para tabib di negeri Cina dalam meramu obat-obatan mereka. Adapun diakui memiliki khasiat melawan penyakit kanker adalah pada tahun sekitar 1990’an.

Manfaat dan Kegunaan

Berbicara tentang seberapa banyak kegunaan dan khasiat dari tanaman keladi tikus? Maka jawabannya adalah sangat banyak sekali manfaat dan kegunaan dari tanaman ini.
Berikut akan diuraikan beberapa manfaat dan kegunaan dari tanaman keladi tikus yaitu :

  1. Melawan berbagai macam penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar-rectum, kanker otak, kanker tulang, kanker pankreas, kanker darah (leukimia), kanker limpa, kanker tulang, kanker empedu, kanker prostat, kanker tenggorokan, kanker rahim dan lain-lain.
  2. Menghambat pertumbuhan sel tumor atau sel kanker.
  3. Selain untuk pengobatan kanker, tanaman ini juga berkhasiat melawan penyakit-penyakit yang berat atau parah lainnya seperti: penyakit ginjal, liver, hepatitis, diabetes melitus, radang otak, demam berdarah, ambeien akut, kista, hernia.
  4. Tanaman ini berkhasiat juga mengobati radang tenggorokan, sakit kepala, keputihan, sakit gigi, asma, gangguan hidung atau sinus, batuk, biduran, masuk angin, perut kembung dan juga semua penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.
  5. Meminimalisir efek samping dari pengobatan kemoterapi seperti mual, keguguran rambut, selera makan yang hilang, kulit kusam dan lain-lain.
  6. Menghentikan dan menghambat perdarahan baik di luar ataupun di dalam tubuh.
  7. Mengatasi dan mengatur tekanan darah.
  8. Tanaman ini juga berfungsi sebagai Imun atau kekebalan tubuh (anti-virus dan anti-bakteri).
  9. Meningkat pertahanan dan stamina tubuh.
  10. Meringankan bengkak pada bagian tubuh yang sakit.
  11. Memberikan dampak positif pasca sakit, seperti menghilangkan rasa letih, menambah selera makan sehingga orang yang pasca sakit akan cepat pulih.
  12. Mempercepat penyembuhan luka.
  13. Tanaman ini juga berkhasiat membantu detoksifikasi di dalam sistem darah yang ada pada tubuh.
  14. Terdapat kandungan Arginine yang cukup tinggi pada tanaman ini yang sangat dibutuhkan terhadap pertumbuhan, selain itu juga untuk memperlancar metabolisme agar berjalan normal dan juga untuk proliferasi sel.
  15. Ramuan obat herbal ini banyak mengandung RIP (Ribosome Inacting Protein), zat antioksidan dan zat antikurkumin, yang mana RIP (Ribosome Inacting Protein) bermanfaat menghambat perkembangan dan pertumbuhan sel kanker, tanpa harus merusak jaringan yang ada di sekitarnya, dan juga menghambat pertumbuhannya. Adapun zat antioksidan bermanfaat mencegah kerusakan gen, sedangkan zat antikurkumin berkhasiat sebagai anti radang /anti inflamasi.

Cara pengolahan

Dalam mengkonsumsi tanaman keladi tikus ini bisa dengan berbagai macam cara dan bentuk. Bisa membuatnya sendiri di rumah, atau bisa juga lebih praktis dengan membelinya di toko-toko obat atau apotik. Akan tetapi kalau di sekitar rumah banyak tumbuh tanaman keladi tikus, tidak ada salahnya kalau mencoba dengan membuat sendiri, selain aman juga menghemat biaya.

Berikut beberapa cara pengolahan tanaman keladi tikus menjadi obat herbal, yaitu :

Jus keladi tikus

Jus dari tanaman keladi tikus ini merupakan obat herbal yang berkhasiat melawan sel kanker pada tubuh. Adapun cara dan aturan dan efek samping adalah sebagai berikut :

  • Tanaman keladi tikus yang masih segar dan bagus diambil secukupnya sekitar 50 gram yang terdiri dari daun, umbi dan akar.
  • Membuang bagian-bagian yang sudah jelek atau usang seperti daun yang kering dan menguning, ujung umbi yang sudah membusuk dan lain-lain.
  • Dicuci menggunakan air yang mengalir hingga bersih.
  • Ditumbuk dengan menggunakan alat tradisional sampai benar-benar lumat.
  • Diberi air secukupnya lalu diperas dan juga disaring.
  • Jus keladi tikus siap dikonsumsi.
  • Aturan minumnya adalah 3 x sehari (pagi, siang dan sore).
  • Diminum pada saat ½ jam sebelum kita makan. Khusus bagi yang memiliki gangguan sakit maag bisa diminum ½ jam sesudah makan.
  • Sangat dianjurkan sekali membuat jus keladi tikus hanya untuk sekali minum saja, untuk menghindari terkontaminasi zat lainnya.
  • Larangan meminum jus keladi tikus bagi ibu hamil yang usia kandungannya kurang dari 4 bulan.

Biasanya efek samping dari minum jus keladi tikus ini tenggorokan akan merasa gatal, untuk mengatasinya bisa dengan menelan madu, gula atau garam. jahe fresh setelah minum jus keladitikus, karena antioksidan jahe menetralisir racunnya atau pakai madu untuk menetralisir dampak gatal dari keladitikus.

Kapsul keladi tikus

Bentuk lain dari obat herbal keladi tikus adalah berupa kapsul. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Terlebih dahulu memilih umbi yang panjangnya minimal 1,5 cm.
  • Memotong bagian umbi yang sudah masak atau tua pada kedua ujung umbi (kurang lebih 35% bagian dari umbi).
  • Kulit umbi tanaman keladi tikus dikupas hingga bersih.
  • Dengan menggunakan air mengalir kupasan umbi dicuci sampai bersih.
  • Rajang umbi tanaman keladi tikus tipis-tipis dan kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari.
  • Kurang lebih dijemur sekitar 8 jam di bawah sinar matahari yang sangat terik.
  • Setelah benar-benar kering rajangan keci-kecil tadi siap untuk dimasukkan ke dalam kapsul.

Untuk karakter dan sifat hangat serta pedas yang dihasilkan oleh tanaman keladi tikus maka akan ada efek samping setelah mengkonsumsinya terutama untuk tubuh yang kering, karena efek gampang haus akan timbul pasca mengkonsumsi obat herbal ini. Cara pengolahan tanaman ini harus benar, untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan. Apabila pasca mengkonsumsi obat herbal ini perut terasa mual dan mau muntah bahkan diikuti dengan diare maka tidak perlu khawatir, karena itu merupakan reaksi dari obat herbal keladi tikus yang sedang bekerja, efek itu mungkin hanya sekitar 1 atau 2 hari saja, setelah itu akan normal seperti biasa lagi. Oleh sebab itu jangan berhenti mengkonsumsi obat herbal keladi tikus.

Bagi anda yang mungkin saat ini menderita penyakit kanker, dan takut melakukan operasi maka artikel tersebut di atas bisa dijadikan referensi dan informasi untuk menggunakan pengobatan alternatif memakai obat herbal keladi tikus. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment on "Keladi Tikus Obat Herbal Melawan Kanker"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*