7 Penyebab Kanker Usus Besar

7 Penyebab Kanker Usus Besar

Setiap penyakit pasti selalu terjadi karena ada penyebabnya, begitu juga penyakit kanker. Semua juga tahu bahwa kanker bisa menyerang pada setiap anggota tubuh manusia kapan saja, termsuk bagian dalam tubuh manusia yaitu usus besar. Pada umumnya kanker usus besar adalah sebuah jenis penyakit kanker yang sangat ganas yang bisa mematikan setiap penderitanya. Untuk itu jika Anda tidak ingin mengidap kanker usus besar Anda harus tahu penyebab kanker usus besar tersebut, dengan begitu Anda bisa mengubah beberapa kebiasaan yang mungkin memiliki ressiko tinggi untuk timbulkan kanker usus besar di dalam tubuh. Bahkan bukan hanya harus mengetahui penyebab kanker usus besar saja, namun Anda juga harus mengetahui penyebab-penyebab dari kanker jenis lainnya seperti kanker otak, kanker nasofaring dan banyak lagi lainnya.

Dan di kesempatan kali ini, akan sedikit di ulas mengenai 7 penyebab kanker usus besar. Yang bisa Anda ketahui untuk bisa lebih waspada dengan penyakit kanker yang satu ini. Berikut ke 7 penyebab kanker usus besar tersebut…

Penyebab kanker usus besar

1. Usia

Usia menjadi salah penyebab kanker usus besar, bahkan usia menjadi faktor paling utama terjadinya kanker usus besar pada tubuh manusia. Dan usia di atas 50 tahun bisa menjadi usia yang memiliki resiko untuk mngidap kanker usus besar dan kanker-kanker lainnya. Untuk itu meskipun anda sudah menginjak usia 50 tahun, cukup disarankan jika anda selalu melakukan pola hidup sehat agar jauh dari penyakit-penyakit yang mematikan.

2. Diabetes

Secara umum, diabetes ternyata menjadi penyebab kanker usus besar, 40% penderita diabetes meiliki resiko yang tinggi mengembangkan kanker usus besar dibandingkan dengan orang yang tidak menderita diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa ketergantungan insulin berkontribusi terhadap perkembangan kanker usus besar di dalam tubuh mnusia.

3. Minum Alkohol

Bisa di katakan alkohol adalah oenyebabdari banyak penyakit, bahkan Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol meningkatkan risiko kanker kolorektal. Jadi, jika saat ini Anda memiliki hobi atau kebiasaan minum minuman beralkohol sebaiknya hindari minuman beralkohol atau makanan yang berisi kandungan alkohol tersebut dari sekarang, agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar tanpa ada penyakit yang mematikan hinggap di tubuh Anda.

4. Makanan tinggi lemak

Perlu Anda tahu bahwa makanan tinggi lemak atau kolesterol meningkatkan resiko terjadinya kanker usus besar pada tubuh mnusia. Selain makanan tinggi lemak, makanan rendah lemak juga menjadi penyabab dari kanker usus besar berkambang di dalam tubuh manusia.

5. Faktor Lingkungan

Di mana Anda tinggal, siapa di sekitar Anda, apa pekerjaan Anda, dan bahkan ketika Anda bekerja apapun itu yang menjadi lingkungan anda setiap hari, yang mana jika dia lingkungan tersebut tidaklah sehat, bisa jadi hal tersebut dapat mempengaruhi risiko terkena kanker usus besar pada tubuh Anda. Untuk itu jika Anda memiliki lingkungan yang kotor dan menjadi sarang penyakit, ubahlah dari saat ini.

6. Kurangnya olahraga

Olahraga memang menjadi hal utama jika anda ingin selalu hidup sehat dan terhindar dari penyakit kanker. Untuk itu jika ada keluarga Anda mengidapa penyakit kanker usus bisa jadi penyebab utamanya karena dia kurang olahraga, karena kurangnya olahraga bisa menjadi penyebab kanker usus besar yang sering ditemukan

7. Faktor Genetik

Faktor genetik menjadi pnyebab kanker usus besar yang bisa anda waspadai. Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 25% dari kasus kanker usus besar memiliki semacam kaitan genetik. Contoh penyebab genetik yang paling umum dari kanker usus besar termasuk mutasi menuju FAP (familial adenomatosa poliposis) dan HNPCC (kanker kolorektal non-poliposis herediter).

Be the first to comment on "7 Penyebab Kanker Usus Besar"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*