Sekilas Tentang Kanker Pankreas

Sekilas Tentang Kanker Pankreas

Di dunia ini banyak sekali jenis-jenis penyakit kanker. Baik itu kanker ganas maupun jinak. Salah satu jenis penyakit kanker yang tergolong berbahaya dan tidak bisa dipandang remeh adalah penyakit kanker pankreas. Sudah banyak pengidap penyakit ini yang menjadi korban keganasannya. Karena sekali terkena penyakit ini maka kesempatan untuk hidup sangat kecil sekali. Tidak hanya pada usia lanjut saja yang terkena penyakit kanker pankreas ini, usia mudapun juga banyak yang mengidapnya. Di negara super power Amerika Serikat, kanker ini termasuk penyebab kematian tertinggi ke-4 akibat kanker. Begitu juga di negara Singapura, mengalami peningkatan penyakit kanker pankreas yang cukup signifikan. Hingga 2007, terdapat kurang lebih 1000 kasus kanker pankreas. Tidak sedikit para penderita penyakit kanker ini yang bertahan hidup, kebanyakan dari mereka menyerah karena begitu ganasnya kanker ini menggerogoti kesehatan tubuh manusia hingga tidak ada kekuatan lagi untuk mempertahankannya. Maka dari itu kita harus waspada sedini mungkin untuk mencegahnya, kalaupun pada akhirnya kita terkena penyakit itu, maka sejak awal kita berupaya untuk mengenali gejala-gejalanya sehingga bisa dilakukan penanganan dan tindakan secepat mungkin untuk pengobatan penyakit kanker pankreas tersebut. bahkan bukan hanya jenis kanker ini saja yang harus di waspadai namun juga jenis kanker lainnya juga seperti kanker paru-paru, kanker darah dan juga jenis kanker mematikan lainnya.

Mengenal kanker pankreas

Sebelum mengenal lebih jauh tentang kanker pankreas, perlu kiranya dijelaskan sekilas tentang organ tubuh pankreas itu sendiri. Pankreas yaitu organ tubuh yang berada di dalam perut tepatnya ada di bagian bawah lambung. Pankreas itu berupa kelenjar yang besar dengan panjang sekitar 15 cm dan merupakan salah satu bagian dari alat pencernaan manusia. Dilihat dari letaknya organ ini sangat rawan terhadap penyakit kanker, jika tidak hati-hati menjaga pola makan. Organ pankreas mempunyai fungsi yang sangat vital terhadap tubuh kita, karena bertugas menghasilkan enzim pencernaan yang mampu menguraikan zat-zat makanan supaya mudah untuk diserap oleh tubuh kita. Pada pankreas terdapat sel eksokrin dan sel endogrin pankreas, dari kedua sel tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Sel eksokrin mampu menghasilkan cairan pada pencernaan, adapun sel endokrin berfungsi menghasilkan hormon insulin yang mampu menstabilkan tingkat gula darah di dalam tubuh kita. Kanker pankreas yaitu jenis penyakit yang dikarenakan oleh tumbuh dan berkembangnya tumor yang terbentuk dari sel-sel kanker dan bermula dari sel-sel eksokrin yang berada di dalam organ pankreas. Pada dasarnya kanker pankreas terjadi disebabkan karena sel-sel di pankreas menumbuhkan perpindahan pada DNA. Perpindahan ini mengakibatkan sel berkembang tidak terkendali dan bertambah terus sesudah sel normal mati. Kemudian sel-sel ini menyatu dan membentuk tumor. Ada dua jenis kanker pankreas yang perlu anda ketahui. Yang pertama kanker pankreas eksokrin atau adenokarsinoma pankreas yang biasanya kanker ini pada awalnya tumbuh pada sel-sel yang melapisi saluran organ pankreas. Yang kedua kanker pankreas endokrin atau kanker sel islet. Kanker ini bisa terbentuk di dalam produksi hormon sel organ pankreas.

Gejala-gejala

Di awal penyakit kanker pankreas yang menyerang seseorang tidak begitu tampak gejala-gejalanya. Sehingga sulit untuk mendeteksi atau mendiagnosa penyakit ini sejak dini. Penyakit kanker jenis ini biasanya baru terdiagnosa setelah menyebar dan tumbuh, bahkan terkadang baru terdiagnosa atau terdeteksi ketika sudah masuk pada stadium lanjut, yaitu stadium 1, stadium 2, stadium 3, dan stadium 4. Pada stadium ini bagian perut yang bawah terasa sakit dan nyeri, terkadang nyerinya juga menyebar. Bahkan ketika makan sakit dan nyerinya bertambah parah. Sehingga orang yang terkena penyakit kanker pankreas berat badannya akan cepat menyusut.

Adapun gejala-gejala lain yang mungkin tampak yaitu :

  1. Nyeri, gejala ini disebabkan oleh tumor yang berkembang pada organ bagian dalam tubuh sehingga memberi tekanan pada perut anda.
  2. Penyakit kuning , Penyakit kanker pankreas biasanya diawali oleh penyakit kuning dengan tanda-tanda kulit dan mata tampak berwarna kuning, air kencing berwarna gelap, warna tinja yang tidak normal pada umumnya. Gejala-gejala tersebut bisa dijadikan tanda-tanda adanya tumor yang menghambat saluran empedu hati.
  3. Berat badan yang menurun, disebabkan karena sipenderita penyakit kanker jenis ini tidak mau makan, selalu mual dan muntah, ditambah lagi gangguan pada organ pankreas yang seharusnya menghasilkan enzim pencernaan yang mampu menguraikan zat-zat makanan supaya mudah diserap nutrisinya oleh tubuh telah terhalang oleh tumor yang menutupi empedu.
  4. Selain yang gejala-gejala yang tersebut di atas masih ada gejala-gejala lain yangperlu diperhatikan seperti : diabetes, gangguan pencernaan, demam menggigil, buang air besar yang sangat sering dan tidak teratur, hilangnya nafsu makan, membengkak, gatal, nyeri pada perut dan punggung.
    Penyebab-penyebabnya :

Pada dasarnya penyebab kanker pankreas belum jelas, akan tetapi tidak menutup kemungkinan orang-orang yang mempunyai faktor resiko terkena penyakit kanker pankreas seperti tersebut di bawah ini :

  • Diabetes, tidak menutup kemungkinan orang yang terkena penyakit diabetes dia terkena penyakit kanker pankreas, karena 10 % – 20 % orang yang divonis kanker dia juga mempunyai penyakit diabet.
  • Merokok, keberadaan tembakau merupakan faktor utama resiko seseorang untuk terjangkit penyakit kanker pankreas, seorang perokok jika dibandingkan dengan bukan perokok, resiko terkena penyakit kanker pankreas sangatlah besar bagi seorang perokok.
  • Faktor genetik, merupakan suatu hal ini yang mungkin saja terjadi dalam kasus kanker pankreas, yaitu salah satu anggota keluargaemiliki riwayat penyakit kanker pankreas, bisa juga keturunannya akan terkena resiko penyakit kanker tersebut.
  • radang/infeksi pada pankreas, bagi seseorang yang mengalami infeksi atau radang pada pankreas dalam kurun waktu yang lama, hal ini juga meningkatkan resiko terjangkit penyakit kanker pankreas.
  • Obesitas, terlalu gemuk atau berat badan yang berlebihan juga meningkatkan resiko terkena penyakit kanker pankreas.
  • Pola makan yang salah, hal ini juga jangan pernah dianggap remeh karena pola makan dengan menu yang tak terkontrol akan menimbulkan resiko terkena penyakit kanker pankreas
  • Keberadaan Bakteri helicobacter pylori yang mengakibatkan infeksi pada lambung, hal ini juga diperkirakan dapat menyebabkan seseorang terkena kanker pankreas.
  • Kebiasaan mengonsumsi alkohol secara berlebihan.
  • Penderita penyakit hepatitis kronis juga beresiko terkena penyakit kanker pankreas.
  • Orang yang sudah lanjut usia yang usianya di atas 75 tahun, mereka juga rentan akan terjangkit penyakit kanker pankreas

Cara Mendiagnosa

Sebagai langkah dini atau awal yang harus dilakukan oleh seseorang yang mungkin terduga terkena penyakit kanker pankreas diantaranya adalah :

  1. Scan CT, dan scan MRI yang dilakukan untuk memudahkan dokter melihat pankreas , sehingga bisa membantu dokter untuk memutuskan prosedur pengobatan apa yang cocok dipakai.\
  2. ERCP/Endoscopic retrograde cholangiopancreatography adalah diagnosa dengan memasukkan endoskop lewat mulut untuk menuju lambung. Akan tetapi endoskop dalam proses ini dipakai untuk memasukkan pewarna ke saluran empedu dan pankreas guna untuk mengetahui seberapa tumor yang menghalangi empedu. Diagnosa atau tes ini diterapkan pada orang yang terjangkit penyakit kuning.
  3. Pembedahan dilakukan dengan cara memasukkan alat kecil untuk mengetahui organ-organ di sekitar perut.
  4. Proses pengambilan sampel sel atau biopsi terhadap sesuatu yang diduga sebagai tumor untuk diperiksa di Laboratorium.
  5. EUS/Endoscopic Ultra Sound, proses ini dilakukan dengan cara memakai alat ultrasound dengan tujuan memperoleh gambar pankrean di dalam perut.

Tahapan atau tingkatan stadium

  1. stadium I, apabila kanker berada di pankreas dan belum berkembang ke bagian organ lain.
  2. stadium II, apabila kanker sudah menyebar ke mana-mana ke seluruh jaringan dan organ-organ tubuh yang terdapat di sekitar pankreas, atau bahkan mungkin sudah mengenai kelenjar getah bening.
  3. stadium III, apabila kanker sudah berkembang secara lebih ke pembuluh darah yang besar yang berada di sekitar pankreas dan kemungkinan besar telah mengenaii nodus limfa.
  4. stadium IV, apabila kanker sudah menyebar secara luas ke semua organ tubuh yang lain seperti hati, paru-paru, serta lapisan rongga perut.

Pencegahan

  • Menghindari makanan-makanan yang banyak mengandung nitrat, biasanya dipakai untuk pewarnaan produk daging.
  • Mengurangi makanan-makanan yang banyak mengandung lemak, terutama lemak hewani, karena makanan yang mengandung lemak hewani resiko peningkatan pnyakit kanker pankreas cukup tinggi.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, B, C, D, dan E.
  • Menghindari makanan yang mungkin sudah terkontaminasi oleh aflatoksin ( makanan yang sudah menjamur).
  • Pola makan yang bagus.

Sekilas tentang kanker pankreas telah tersebut recara rinci di atas, mulai dari pengertian, gejala, penyebab, cara mendiagnosa, tingkatan, dan juga cara pencegahannya.
Semoga bermanfaat bagi anda dan orang-orang tercinta anda.

Be the first to comment on "Sekilas Tentang Kanker Pankreas"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*