Penyebab Timbulnya Kanker Payudara

Penyebab Timbulnya Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara memanglah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh sebagian kaum wanita khususnya untuk wanita yang sudah memasuki usia produktif. Dimana pada usia tersebut hormon wanita yang mengendaikan sistem aktivitas wanita dalam keadaan yang tidak normal. Hal tersebutlah yang banyak menyebabkan sel-sel yang berada pada jaringan tubuh menjadi lebih aktif untuk berkembang termasuk juga pada jaringan sel penyusun payudara, dimana sel tersebut akan lebih cepat dalam membelah lapisan dan menbentuk sel baru di dalamnya. Kanker payudara banyak diderita oleh wanita akibat dari perkembangan sel dan hormon pengendali dalam keadaan yang lebih aktif dari biasanya.

Banyaknya kasus penyakit kanker payudara disebabkan oleh beberapa hal yang dapat memicu timbulnya penyakit ini menjadi meningkat di setiap tahunnya. Banyak sekali faktor penyebab timbulnya kanker payudara antara lain adalah:

Dari faktor genetik (keturunan)

faktor ini yang tidak dapat dicegah atau bahkan diminimalisir karena faktor ini bersifat bawaan dan diturunkan ke gen seseorang (garis keturunan). Apabila ada salah satu anggota keluarga yang menderita penyakit kanker ini ada kemungkinan besar keturunan di bawahnya akan membawa sifat dari gen tersebut hal tersebutlah yang menyebabkan seseotang terkena penyakit kanker payudara. Di negara Jepang sebenarnya sudah ada cara untuk memutuskan gen keturunan seseorang namun teknik ini belum banyak dipublikasi karena masih dalam tahap perkembangan atau penyempurnaan.

Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu pertumbuhan sel kanker lebih cepat dari sebelumnya apalagi jika seseorang sudah memasuki usia lanjud maka pertumbuhan sel akan lebih cepat karena hormon sudah tidak bekerja seperti pada usia produktif. Faktor ini yang paling banyak memicu pertumbuhan penyakit kanker.

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak baik bagi tubuh seperti makanan berlemak, makanan siap saji, makanan instan, minum-minuman yang mengandung alkohol atau bersoda tinggi, dll.
Sebenarnya kanker payudara dapat dicegah atau dihindari yaitu dengan pola penerapan gaya hidup sehat dan teratur, ketahuilah gejala kanker payudara sedini mungkin agar mendapatkan penanganan yang lebih cepat.

Be the first to comment on "Penyebab Timbulnya Kanker Payudara"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*